Saling Berbagi Itu Indah

Thursday 10 December 2015

Perkembangan Sistem Operasi Windows (Time Line)


Banyak sekali beragam jenis sistem operasi yang tersedia untuk komputer atau PC seperti Windows, Mac OS, Linux, Unix, FreeBSD, SunSolaris, OS / 2, dsb. Sistem Operasi Windows merupakan sistem operasi yang sangat populer dikalangan masyarakat karena keunggulannya antara lain Pengoperasian mudah dan menyenangkan (user friendly) | Mendukung multitasking, dapat menjalankan beberapa aplikasi bersamaan, seperti mengetik sambil mendengar musik | Panjang sebuah nama file bisa sampai 255 karakter | Fasilitas Plug and Play (PnP) untuk mengenali piranti baru yang terpasang di komputer sehingga pemakai tinggal memakai saja | Fasilitas User Profile, beberapa pemakai dengan komputer yang sama dapat menyimpan konfigurasi desktopnya sendiri | Software yang mendukung sistem operasi windows sangat banyak.  

Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis / Graphic User Interface (GUI). Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis teks dan command-line.

Saya juga merupakan pengguna dari sistem operasi Windows. Versi sistem operasi Windows yang saya gunakan adalah Windows 7 Ultimate. Oleh karena itu saya tertarik untuk membahas perkembangan sistem operasi Windows mulai dari pertama kali rilis yaitu Windows 1.0 sampai Windows yang terbaru saat ini yaitu Windows 10 yang akan saya sajikan dalam bentuk Time Line.

Microsoft Windows dalam Garis Waktu (Time Line)



Klik Gambar untuk lebih Jelasnya!



Klik Gambar untuk lebih Jelasnya!



Deskripsi Perkembangan Microsoft Windows:



Windows 1.0, merupakan sistem operasi pertama yang menerapkan prinsip multi tasking atau bekerja secara bersamaan dalam satu waktu.




Windows 2.0, pertama kali diperkenalkan tombol maximize untuk memperbesar jendela dan minimize untuk memperkecil jendela dalam sebuah aplikasi.


Windows 3.0, tampilan graphics user interface semakin menarik dan mulai berwarna dengan dukungan VGA yang sesuai.


Windows 3.1, mulai memiliki program utilitas bawaan sistem operasi seperti file manager, dimungkinkannya akses ke internet.


Windows 95, sistem operasi yang pertama kali meletakkan tombol start dibagian kiri taskbar untuk memudahkan pencarian aplikasi dan manajemen komputer. Sistem operasi windows 95 merupakan sistem operasi berarsitektur 32 bit.


Windows NT 4.0, Microsoft meluncurkan Windows NT 4.0, sistem operasi untuk jaringan client-server. Peranti manajemen Windows NT menjadikannya mudah bagi pengembang untuk membuat dan menyebarkan aplikasi bisnis.

 

Windows 98, di sistem operasi ini windows mulai mendukung port USB. Windows 98 menawarkan peningkatan akses internet, kinerja sistem yang lebih baik, dan mendukung peranti keras dan peranti lunak generasi baru.


Windows 2000pada Windows 2000 terdapat dalam semua versi server. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di dalamnya, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan (dengan menggunakan Microsoft Management Console),


Windows XP,  merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama digunakan bahkan sampai saat ini. Windows XP mendukung fitur multi media. Windows XP  terkenal dengan kestabilannya dan memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit.


Windows Vista,  dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi sebelumnya menggunakan User Account Control (UAC). Windows Vista memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih "memikat", yang disebut dengan Windows Aero GUI.


Windows 7,  memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil dsb. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu).


Windows 8, sedikit mengalami perubahan. Windows 8 dilengkapi Start Screen baru, antarmuka pengguna Metro. Pertama kali hilangnya tombol start pada desktop (digantikan oleh layar mulai dan charms).


Windows 10, Start Menu muncul kembali dengan fitur yang lebih canggih karena merupakan  gabungan dari Windows 7 dan 8, dimana Start Menu baru dibagi menjadi dua bagian, yakni ikon aplikasi tradisional di sisi kiri dan lives tiles di sisi kanan. Selain itu, menu ini dilengkapi juga dengan sistem pencarian yang lebih canggih, dimana tidak hanya menampilkan pencarian aplikasi tapi juga menampilkan hasil pencarian dari website.



Sumber-Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Microsoft_Windows



 

0 komentar:

Post a Comment

Translate

Popular Posts

Tutorial Bootstrap

Tutorial Bootstrap
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Tutorial Bootstrap 3 dan 4.

Presentation Input - Output System

Presentation Input - Output System
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft PowerPoint.

Project Sederhana Basis Data

Project Sederhana Basis Data
>>> Klik Gambar untuk Mendownload File Microsoft Access.

QR Code Kartu Nama

QR Code Kartu Nama
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat juga. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
bayusujatmoko. Powered by Blogger.